Jumat, 31 Oktober 2014

Apa itu Bisnis Informatika?




Bisnis informatika merupakan disiplin ilmu baru yang menggabungkan berbagai aspek manajemen bisnis, teknologi informasi, dan informatika. Tujuan dari Bisnis Informatika adalah untuk sepenuhnya mengintegrasikan pengetahuan ilmu komputer dan bisnis administrasi menjadi satu kesatuan.
Jadi yang membedakan Bisnis Informatika dengan bisnis – bisnis lainya yaitu cara dia merencanakan, membuat, mengelola, dan menjalankan bisnis tersebut dengan menggunakan teknologi informasi khususnya internet. Ya pertama perencanaan, perencanaan sangat penting sebelum kita memulai suatu bisnis. Untuk bisnis informatika perencanaan dapat dimulai dari kita mau membuat apa misalnya jika kita ingin membuat website tentang berita yang up to date kita harus memikirkan dengan apa kita membuat website tersebut, apa programnya, server yang handal dan tempat hosting yang bagus dan powerfull. Yang kedua yaitu membuat jika persiapan sudah matang baru kita memulai membuatnya. 

Dalam memulai kita tidak harus langsung sempurna karena untuk menekan biayanya. Karena kita baru memulai bisnis tersebut. Jalankanlah seperti biasa dan apabila sudah banyak yang tahu akan website kita baru kita mulai meningkatkannya. Yang ketiga mengelola, tentu saja dalam bisnis pasti ada pengelolaan yaitu pasti menyangkut dana. Buat apa? Ya dalam bisnis informatika khususnya pembuatan web berita kita memerlukan dana untuk maintenance apa bila terjadi error atau serangan cyber, penggantian hardware dan software, membayar hosting dan lain – lain. Dan satu lagi yang penting yaitu biaya pengiklanan tentu saja tidak mungkin web yang kita buat langsung mendadak terkenal perlu penyebaran dan pemberitahuan kepada masyarakat agar mengetahui ada website tentang berita yang kita buat.
Lalu dari mana kita mendapatkan untung?banyak sekali cara – cara mendapatkan untuk dibisnis informatika salah satunya yaitu iklan. Terlebih lagi jika web kita sudah terkenal dan banyak dibuka orang. Perusahaan – perusahaan pasti tertarik untuk mengiklankan productnya diweb kita agar bisa dilihat banyak orang. Kemudian bisa saja kita membuat versi ebook, bisa seminggu sekali atau sebulan sekali yang isinya kumpulan berita – berita yang ada diweb kita. Lalu jika orang ingin mempunyai ebook tersebut bisa dengan mendownload ebook tersebut tetapi kita kenakan biaya.


Jenis dan Tipe Bisnis di Bidang Teknologi Informatika :

1. Produk

  • Hardware / Perangkat Keras                                                                                                             Adalah bisnis yang melakukan penjualan terhadap hardware/perangkat keras.
  • Software / Perangkat Lunak                                                                                                             Adalah bisnis yang melakukan pejualan terhadap software/perangkat lunak.
2. Jasa
  • Software House                                                                                                                                 Seorang atau sekelompok orang atau perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan perangkat lunak (software). Software house biasanya menerima pembuatan atau perbaikansoftware, database, website, program accounting lengkap, termasuk inventory management, purchasing/ selling products and services, Account based dan support online system, IntelliGuard-EYE: program security kamera ( cctv/ webcam) dengan kemampuan mendeteksi gerakan sehingga dapat memaksimalkan kapasitas hardware yang tersedia jaringan & SEO bisa untuk semua jenis usaha ( Perusahaan, tokoh, kasir, hotel, restaurant, maupun personal).
  • E-commerce ( jual-beli online )                                                                                                 E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson).
  • Infrastruktur Komputer                                                                                                                    Adalah bisnis Informatika yang menyediakan sebuah layanan informasi dan komputer, seperti Internet Service Provider, Jaringan Komputer, dll.
  • IT consultant                                                                                                                                     menangani konsultasi di bidang IT, meliputi saran bisnis, menyelesaikan masalah teknis maupun memperbaiki struktur dan efisiensi dalam sistem IT.
http://raoulsalsabil.wordpress.com/2012/10/04/apa-itu-bisnis-informatika/

http://dinamiranda.blogspot.com/2010/10/jenis-dan-tipe-bisnis-di-bidang-tik_05.html
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar